Kamis, 04 Oktober 2012

... Beskap dan Surjan ...

Apa sih bedanya Beskap dan Surjan ?? .......
Pertanyaan itu langsung aja muncul di otakku, saat baca surat dari TK Babang Farrel, disitu tertulis himbauan agar siswa pake SURJAN/KEBAYA JANGKEP untuk memperingati HUT Kota Yogyakarta. Saya langsung aja bingung SURJAN itu baju apaan yaaaa??? Maklum walaupun setengah diri saya berdarah Jawa, tapi coz saya lahir & besar di luar Pulau Jawa, maka saya lumayan buta soal adat Jawa. Menetap 3 tahun di Kota Yogya, hanya menambah sedikit pengetahuan saya tentang bahasa & budaya Jawa. Yang saya tau, pakaian & perlengkapan adat Jawa untuk pria hanya Beskap, Blangkon, Keris, Kain Jarik, Sabuk (yang entah apa namanya....) dan Selop. Selain itu saya tahu kalo Blangkon Yogya & Solo berbeda. Hanya itu pengetahuan saya tentang Pakaian Adat Pria Jawa. Mo nanya suami, mana mungkin coz Papi Batak Tulen. Di Yogya cuma numpang kuliah doank...Untunglah saya hidup di zaman internet. Cukup dengan browsing saya langsung tahu apaan tuh SURJAN. Tulisan ini saya buat untuk sharing ama teman temin yang ga tau & mau tau apa tuh Surjan .

Ternyata SURJAN itu adalah pakaian adat pria Jogja sehari-hari. Ada 2 macam motif Surjan yaitu Surjan Lurik  ( kayak yang dipake kusir andong di malioboro... ) dan Surjan Kembang ( kayak yang sering dipake Sultan HB X ) . Surjan bahannya ga sekaku bahan Beskap. Oooooooooh, saya pikir selama ini atasan yang dipake ama pria Jawa tuh namanya beskap semua...ternyata salaaah tooooo....Beskap itu tenyata sebutan untuk atasan pria daerah Solo, bentuknya seperti jas tutup,pokoke seperti yang sering dipake bapak-bapak buat seragam kawinan. Jadi kalo orang Jogja tuh pake Surjan bukan Beskap. Perbedaan mendasar Beskap & Surjan adalah pada letak kancingnya. Pada Beskap, kancingnya berada disamping, sedangkan pada Surjan kancingnya berada lurus dari atas ke bawah.

Malah gara-gara browsing tentang surjan, saya malah dapat ilmu lagi kalo pakaian adat pria Jawa ada juga yang namanya ATELA. Nah lo apaan lagi tuh ???? Keren banget namanya yaak.... Atela ini berasal dari daerah Surakarta. Kalo diliat dari depan nggak ada bedanya ama Beskap, tapi kalo diliat dari belakang Atela tuh lebih pendek bagian belakangnya daripada Beskap, katanya sih untuk naruh Keris.


Ngeksis ama Mami sebelum berangkat sekolah



Babang pake Atela


Berarti Kartinian kemaren itu Babang Farrel tuh pake Atela donk bukannya Beskap. Trus bajunya yang dipake tuh Baju Solo, bukan Baju Jogja , seperti istilah Babang klo nyebutin pakaian adat jawa lengkap.....xixixi... GPPlah namanya juga nggak tau..... interesting sih nambah ilmu kayak gini....Thanks Kota Jogja.....Selamat Hari Jadi...Smoga tetap istimewa....:)


0 komentar:

Posting Komentar

FarQuee Sidabutar. Diberdayakan oleh Blogger.

© Blog Keluarga FarQuee Sidabutar , AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena